Jurusan KPI Adakan Pembekalan PPM untuk Penguatan Kompetensi Mahasiswa

Semarang – Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Walisongo Semarang mengadakan pembekalan Praktik Profesi media (PPM) pada Rabu (6/12/2023). Kegiatan berlangsung di aula lantai 2 Laboratorium Dakwah UIN Walisongo Semarang. Hadir dalam acara ini Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Ketua Jurusan KPI, Sekretaris Jurusan KPI, para Dosen serta Mahasiswa KPI UIN Walisongo.
Kegiatan PPM akan dilaksanakan mulai tanggal 18 Desember 2023 – 9 Februsri 2024. Program ini diikuti oleh 168 mahasiswa angkatan 2021 yang terdiri dari 3 konsentrasi. 78 Mahasiswa dari konsetrasi Broadcasting, 68 Mahasiswa konsentrasi Public Relations, dan 21 mahasiswa konsentrasi Jurnalistik serta 1 mahasiswa angkatan 2020.
Kegiatan pembekalan dibuka dengan laporan sekretaris Jurusan KPI, Nilnan Ni’mah, M.S.I. Dalam laporannya, Kegiatan PPM kali ini merupakan periode ke 2 PPM dilaksanakan. PPM periode ke 2 berbeda dengan periode sebelumnya, PPM dilakukan lebih lama guna menambah pengalaman dan kemampuan praktik mahasiswa. Selain itu, jika pada PPM Sebelumnya hanya tersebar ke 24 lokasi, PPM periode 2 meningkat menjadi 51 lokasi.
“Perbedaan pelaksanaan PPM tidak lepas berkat masukan dan diskusi dengan mitra-mitra lembaga, untuk menambah kemampuan mahasiswa maka PPM kali ini dilaksanakan selama 2 bulan” terang Nilnan Ni’mah.

Lebih lanjut, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Prof. Dr. Ilyas Supena M.Ag menegaskan bahwa PPM merupakan agenda wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa, sehingga mahasiswa harus memiliki target dalam menjalankan kegiatan.
Mahasiswa juga perlu bertanggung jawab dengan pilihan masing-masing dan berkomitmen untuk menjadi orang yang expert (ahli) dalam bidang yang ditekuni.
“Awali dengan niat dan tekad untuk menimba ilmu di lapangan. Tentukan target untuk menjadi orang yang ahli, tidak usah ragu dengan pilihan anda, terus bergaul, berkomunikasi dan beradaptasi sehingga anda akan terlibat dan memberikan dampak” pesan Dekan kepada mahasiswa.
Kegiatan pembekalan berlanjut dengan agenda diskusi terkait teknis pelaksanaan PPM baik di lapangan maupun teknis penyusunan laporan kegiatan. Akhir acara, para dosen dan peserta PPM melakukan konsultasi dan foto bersama.

kpiadmin

Komunikasi dan Penyiaran Islam