Jalin Kerjasama Bidang Akademik, Jurusan KPI FDK Siap Berkolaborasi dengan Jurusan Dakwah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Walisongo Semarang menerima kunjungan studi banding dari Jurusan Dakwah Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu pada Rabu (10/1/2024) di FDK Kampus 3. Rombongan terdiri dari ketua jurusan, para dosen dan mahasiswa Jurusan Dakwah disambut hangat oleh sivitas FDK.

Komitmen untuk meningkatkan mutu akademik dan jurusan menjadi topik bersama dalam acara ini. Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Dakwah, Wira Hadi Kusuma memperkenalkan para dosen dan mahasiswa dari Bengkulu. Selain itu, pembahasan terkait meningkatkan akreditasi, kerjasama antarlembaga, sharing pengalaman dan menimba ilmu di FDK juga diungkapnya.

Ketua Jurusan KPI, M. Alfandi menyampaikan bahwa FDK merupakan Fakultas tertua di UIN Walisongo Semarang. Membincang kurikulum, Alfandi mengungkapkan Jurusan KPI telah melakukan rekonstruksi kurikulum terakhir tahun 2020. Ada perbedaan antara kurikulum baru dan lama. Perbedaan konsentrasi jurusan KPI, jika kurikulum lama terdiri dari tiga konsentrasi Televisi Dakwah, Radio Dakwah dan Penerbitan Dakwah, kurikulum terbaru ada konsentrasi Broadcasting, Jurnalistik Islam, dan Public Relations serta ditunjang dengan berbagai fasilitas perkuliahan di Laboratorium Dakwah

Selain itu, Jurusan KPI mempunyai program KKN Tematik. Adapun tema Literasi Media menjadi program rutin yang dikerjakan, mengingat hal tersebut dibutuhkan dan sangat relevan di era sekarang. “KKN Tematik tentunya harus sesuai dengan keilmuan, tidak pas jika KKN misalnya membangun masjid mengingat keilmuannya adalah KPI”, terang Alfandi.

Acara berlanjut dengan dialog di forum. Pembahasan terkait kerjasama penulisan artikel ilmiah, jurnal ilmiah dan visiting lectur tidak luput dari diskusi dosen dengan mahasiswa. Penandatanganan kerjasama dan penyerahan cendera mata menjadi sesi akhir dalam kunjungan studi banding di FDK. Salah satu peserta, Yenda mahasiswa Jurusan Dakwah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu mengungkapkan takjub berkunjung di KPI FDK. “Saya mendapatkan banyak hal berkunjung di sini, selain terkait akademik perkuliahan, bonusnya senang bisa main di Planetarium UIN Walisongo Semarang yang megah”, tuturnya.

kpiadmin

Komunikasi dan Penyiaran Islam